Naskah Teater : SEMUT - Leo Zainy

Semut!, Semut-semut kecil
Kesana-kemari, berjajar-jajar
Baris! Berbaris-baris bergotong-royong mencari makan
Kita bergembira bawa makanannya
Bersama-sama
Kita bergembira bawa makanannya
Bersama-sama


Kini! Aku rajanya, aku penjaganya, aku pelindungnya…
Kita bergembira bawa makanannya
Bersama-sama


Cerita ini menggambarkan kehidupan para semut, semut binatang kecil yang manusia sering temui dengan jumlah puluhan bahkan ribuan, dimana sebuah pelajaran dapat diambil dari kehidupan para semut “susah senang selalu bersama, bermain, bercanda, lapar bahkan sampai mencari makan harus bersamaa…
Sekelompok semut sedang asyik bermain- main disebuah hutan yang biasa mereka tempati atau singgahi…
Cimut : Eh biar gak BT kita main yuuk…
Ciko : Tapi main apa?
Ciki : Gimana kalo kita main ayunan?
Cumit : Tapikan tempatnya jauh…
Ciko : Iya bosenin kayak anak kecil aja !
Ciki : Gimana kalo main boneka ?
cimut : Kita kan harus buat lagi jadi ribet
ciki : Aha !!? Giamana kalo kita main lompat tali?
Ciko : Yuuk….yuuk….yuuuk…J.?


Hom Pim Pa Alaihum Gambreng……


cimut : Aku pertama
ciko : aku kedua
cikii: Aku ketiga
cumit : Yaah aku terakhir L
ciko : Ya uda sekarang giliranya cimut
cimut : 1.2.3….
3 Semut : Ayo kita jongkrokin yuk…? ( sambil berbisik-bisik )
cimut: Aduh Sakit tau… !!!
ciko : Sekarang aku yach…
3 Semut : Yuk kita Gelitikin ? ( sambil berbisik-bisik )
ciko : Geli tau…!!!
cumit : Aku yach… Aduch reumatik adu????
cimut : Ya uda dech biar nanti ciko yang ganti’in kamu
ciki: 1,2,3,4,5, aduh aku jatuh nich, temen-temen tol…ongin…?
Teman-teman kalian di mana? Teman-teman…………………
3 Semut : Hi….hi…hi…..!
cumit: Wahh ternyata chiko penakut
3 Semut : Chiko penakut, chiko penakut………..
ciki: Sudah, sudah…! Pokoknya aku g mau main ini lagi!!!
cumit : terus main apa dunk?
ciki : Gimana kalo kita main petak umpet ?


Hompimpa…..
cumit: jadi, itung yaaa
cimut : 1,2,3,4,5…………1000
Curit…….Curittt, itu Curit
cumit : Lho koq aku kena sih..?
cimut : Sudah gak usah ngeyel kamu tu uda kena..? kita cari Chika, chiko
Cika….cika…….Cika kena!!!
ciko : Eh aku kan gak kena !!!?
cumit : Aku juga !!!?
cimut : Uda deh koq pada ngeyel semua ?
cumit: Sekarang tinggal chiko yang belum….
cimut : Iya, ya ! Chiko…..,Chiko…
cumit: Chiko cepat ke sini gak ada hantu koq?
ciko : Nyam….nyam…, Enak?
3 Semut : Lho koq Chiko makan?
cimut : Kamu curang!!! Kita main dan sembunyi kamu mlah makan !!!!
ciko : Aku kan sembunyi, tapi di rumah?
cumit : Aku uda capek ,kita istirahat aja yuk sambil ngobrol…?






Tiba-tiba datang semut-semut yang sedang membawa makanan cukup berat, kerja keras dilakukan demi mendapatkan makanan…


Cici : Aduhhh.. berat!! Caca kamu di depan, gentian dunk berat nech?
Caca : Iya..iya aku di depan? Tapi jalanya jangan cepat-cepat
Cici : Iya gak cepat-cepat, wah !!! aku punya akal caca (aku sandungin ahh
dalam hati sambil mengangkat tangan)
Caca : Iya 2 di depan tapi kamu ke samping dulu
AAghh sakit tau
4 semut : heh…. Siapa kamu, penyusup ya…
Cici : Bukan kita bukan penyusup?
Cimut : trus klo bukan penyusup apa…
Ciki : Hei teman-teman liat, itu apa ya….
Ciko: Itu bom! Ya..
Caca : Bukan!, Ini itu maka….


Cici : Jangan dipegang-pegang dunk !!
4 semut: makanan, ha… Serbu
Caca : Jangan!, Jangan dimakan.!!!
CICi dan Caca : Hmmmm….hmmmm
Cici : Itu kan makanan buat keluarga kita L
Caca Kita kan carinya jauh-jauh
Cici : Di kampong sebelah
Caca : Gimana nech?
4 semut: Ha… gitu aja nangis, cemen~!,
Cumit: ya udah kita angkat kesana yuk…
Cici : Ya uda dech kita angkat ke sana
4 semut: aduh…. Berat banget!
Cici & Caca : Aggh ….. Berat
Cici : tu kan kita berenam aja ngangkat 1 roti berat!! Ini Cuma ber dua dari kampong sebelah lagi!!!
4 semut: hah… kampong sebelah!
Cimut: kalo gitu kita seneng-seneng aja sekarang, kita main-main!
Caca : Aku gak mau main! Akau sama cici pulang aja !
Cici : Iya lagian kiat di sini bukan buat bermain tapi buat bekerja..
Cici: ah… kerja kok terus, sudahlah enak pokoknya, nanti kita juga kerja..
Caca : Gimana nich…..? Ya dech kita mau
Caca : TApi kita main apa?
Caca : Aku, Aku punya tebak-tebakan…?
Cici : TApi kita koq gak lapar ya….
4 semut: Ya udah, kamu berdua kesana dulu…
Caca : kayaknya dengar orang makan?
Cici : Ya makanan kita dimakan
Caca & cici : Hmmmm…hmmmmm
Cumit: sudah sekarang kita cari makan bareng aja…
Cici : Kan sudah aku bilang itu buat keluarga kita
Caca : Kita cari makan lagi dech bersama-sama ?
6 semut: Cari makan , cari makan……..


Semut-semutpun pergi mencari makanan, lalu datanglah seekor semut, yang bernama mimi
Mimi : hmmm…hmmm Mama di mana?
Papa juga kenapa ikut mama pergi ninggalin aku?
Aku laper,laper
Mama dimana, papa di mana, kalian di mana??? L
Mama jahat, papa jahat
Hiiks….hikssss.hikssss mama ke mana? Kenapa aku ditinggalin sendiri di tengah hutan, hutanya juga sepi…. Ga ada semut lain kenapa semuanya jahat…? Hikksssss? Di sini


Cici : kamu kenapa koq menangis?
Mimi : Aku ditinggal orang tuaku waktu aku jalan-jalan di hutan ini
6 semut: namamu siapa..
Mimi : Namaku Mimi
Caca : Namaku caca semut yang pinter
Cici : Namaku Cici semut yang cantik


Caca : Lho Emang orang tuamu ke mana?
Mimi : Aku ngga tau, aku lapar…
Cumit: ya udah gimana kalo kit sekarang cari makan sama-sama, kita khan juga lapar
6 semut: ayo…ayo…
Cici : Bagaimana kalau kita bagi tugas
- kamu di pojhon cerry
- kamu di rumput
- kamu di sawah
Caca : Sudah dicari ke mana-mana tapi enggak ada?
Aku nemuin makana lho ???
Caca: itu bukan makann, itu buah busuk….
Gimana nih, kita khan lapar..
6 semut: iya…. Gimana dong! (semua semut teriak dan menangis kelaparan)


Tiba-tiba datanglah putri iIstana beserta pengawalnya, yang terkenal pandai mengerti bahasa binatang dan menyapa para semut yang sedang kelaparan….


Ratu : wah pengawal, pemandanganya indah sekali ya?
Marieta : Iya ratu, coba lihat banyak pohon rindang dan banyak burung-burung ya?
Dinda : Dan pemandanganya tidak sama dengan pemandangan di istana, serta udaranya sejuk sekali
Ratu : Pengawal ! Sepertinya saya mendengar suara tangisan?
Marieta : sepertinya berasal dari hutan sebelah utara?
Dinda :Itu pasti suara tangisan semut-semut, sebaiknya kita cari saja ratu?
Ratu : Ya sudah! BAiklah




Ratu : Semut-semut, mengapa kalian menangis?
7 semut: kami lapar!
Marieta : Apa di hutan tidak ada makanan?
7 semut: tidak!, dihutan sudah kehabisan makanan


Dinda : wah kasihan sekali ya?
Marieta : Apakah hewan lain tidak mau berbagi?
7 semut: tidak, hewan lain juga kesulitan cari makan


Dinda : Ratu bagaimana kalau para semut ini kita ajak ke istana?
RAtu : Iya , benar pendapatmu pengawal? Istanaya tidak jauh koq, hanya disebrang sana?
Dinda : Apa kalian mau?
7 semut: mau……


Marieta : Di sana, baaaaanyak makanan yang kalian inginkan
Ratu : Sekarang kita ke istana ya?
7 semut: hore….


Lalu diajaklah semut-semut keistana, dan didalam istana mereka di masukkan botol cantik yang berisi roti, dalam waktu setahun maka roti tersebut akan dibuka oleh ratu


Ratu:Semut-semut apa kalian dengar suara saya?
7 semut: dengar ratu
Marieta : Bagaimana didalam istana?
7 cimut: senang sekali ratu
Dinda : Bagaimana dengan makananya?
Ratu : Apa masih tersisa?
Ciko: enak sekali, tapi sekarang tinggal separo
Marieta : Kenapa? Apa makananya tidak enak?
7 semut: bukan
Dinda : Terus kenapa?
Ciko: kami sengaja menghemat, dan jaga-jaga, siapa tau kalo ratu dan pengawalnya lupa sama kita
Ratu : Wahhh, Hemat sekali kalian?
Dinda : Ratu, Bagaimana kalau sifat para semut itu kita tularkan pada rakyat di daerah sini?
Ratu : Benar pengawal J
Semut-semut, bagaimana kalau kalian aku pertemukan dengan rakyatku?
Semut: hore….. senang sekali
Marieta : Dan kita menyanyi ya? Untuk kegembiraan kita semua
Dinda : Yang kompak yaaa,……
Maka kegembiraan dirasakan semua semut, ratu dan para pengawalnya,


Ku gembira, berkumpul bersama-sama
Ku bahagia, suka-suka ria
Bergandengan tanganku erat-eratkan,
slalu, slalu, slalu… bersama-sama


hidup bebas senang, hidup suka riang
canda tawa, slalu ada
hidup bebas senang, hidup suka riang
canda tawa, bersama-sama

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...