" Inilah artikel yang memuat kontroversi , Saya memposting ini hanya untuk mengetahui pendapat Akhi serta Ukhti sekalian . Artikel ini saya baca di Siap Murtad. Saya sendiri tak habis pikir mengapa para kafir itu selalu saja memberitakan yang tidak jelas atau simpang siur. Untuk Para Jamaah dan Santri Majelis Ta'lim Shalawat dan Dzikir Nurul Musthofa kami sampaikan beribu maaf. Khususnya kepada Beliau Al Ustadz Al Ulama Al Habib Hasan Bin Jafar Assegaf. Tak lupa pula Umat Muslim Se-Dunia kami mohon maaf beribi-ribu permohonan maaf " (Loco Co. Ltd. ® - Nasrul Wafi).
Dibawah ini adalah kutipan artikelnya (bukan pernyataan saya).
Keresahan jamaah dan santri Majelis Taklim Salawat dan Zikir Nurul Musthofa (NM)
akhir-akhir ini makin menjadi-jadi. Keresahan ini sebenarnya sudah
terjadi sejak setahun lalu. Semua dipicu kabar miring tentang pimpinan
tertinggi NM, Al Habib Hasan Bin Jafar Assegaf. Aib
sang habib menyebar melalui jejaring sosial facebook. Habib Hasan
dikabarkan melakukan pencabulan terhadap sejumlah santri. Tuduhan ini
tentu menjadi aib yang sangat besar, sebab Hasan adalah seorang yang
bergelar habib. Gelar ini tidak bisa dimiliki sembarang orang. Sebutan
habib dinisbatkan secara khusus terhadap keturunan Nabi Muhammad atau
keturunan dari orang yang bertalian keluarga dengan sang nabi. Selain
bergelar Habib, Hasan juga ulama yang cukup moncer di Jakarta dan
sekitarnya. Pimpinan majelis yang bermarkas Jl. RM Kahfi I, Gang
Manggis RT 01/01 No. 9A, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, itu
punya ribuan pengikut. Ia juga kerap tampil di berbagai pengajian di
masjid-masjid.11 Korban al Habib Hasan bin
Jafar assegaf dirayu dengan doktrin tertentu. Dianggap mengkhianati
alquran bila melawan. Pencabulan dilakukan tak pandang waktu dan
tempat, bahkan saat umroh.
Tuduhan pencabulan ini sebenarnya bukan
tuduhan pertama bagi Hasan. Sebelumnya, pada 2002, telah muncul tuduhan
serupa. Namun, karena korban hanya satu orang, masalah diselesaikan
secara kekeluargaan. Tapi kini santri yang mengaku dicabuli Hasan makin
banyak, jumlahnya yang melapor mencapai belasan.
Habib Hasan sebenarnya juga bukan tidak
peduli dengan gunjingan jamaah dan santri NM. Pada 7 November 2011, ia
pun menemui pendiri Yayasan NM untuk berkeluh kesah sekaligus minta
solusi. Menurut SY, salah seorang yang ikut dalam pertemuan yang
digelar malam itu, wajah Hasan tampak pucat dan takut. Ketika ditanya
tentang hobinya memasukkan santri pria ke dalam kamar, pria kelahiran 1
Januari 1977 itu mengakui dan merasa bersalah.
“Habib menjawab itu merupakan ‘haal’
dan dilakukannya secara tidak sadar. ‘Haal’ itu kata lainnya wangsit.
Habib bilang “itu karena kewalian Ana,” kata SY menirukan ucapan Hasan
kepada majalah detik. Setelah pertemuan itu, aib Habib Hasan pun
menyebar ke kalangan habib lainnya di Jakarta. Rabithah Alawiyah,
lembaga yang mencatat silsilah habib di Indonesia, juga sudah mengambil
sikap. Informasi yang sampai ke majalah detik, Hasan sudah ‘disidang’
oleh Rabithah.
Pada 16 November 2011, Habib Salim
Alatas dari Front Pembela Islam (FPI) mendatangi rumah SY untuk
memperjelas kasus memalukan itu. Dalam kesempatan itu, Salim juga
mendengarkan pengakuan salah satu korban pencabulan itu. Salim
sebenarnya juga bermaksud menanyai Hasan. Tapi, sang habib seolah
sembunyi. Saat dikonfirmasi, Salim tidak mau mengungkit cerita hari itu
dengan alasan tidak mau mendahului Rabithah.
Beberapa hari setelah pertemuan di
rumah SY, secara mengejutkan Hasan menyomasi 7 orang yang dituding
aktif menyebar fitnah melalui facebook. Mereka yang disomasi yaitu Siti
Maryam, Taslimah Nasofa, Indah F Sofiani, Muhlisoh, Usman,
Fachrurrizal, dan Fachri. Menggandeng pengacara Sandy Arifin, somasi
itu dilayangkan Hasan dua kali, karena somasi pertama tidak digubris.
“Kalau tidak dijawab juga, katanya,
akan dilaporkan secara perdata dan ke polisi,” terang sumber yang
mengetahui persis masalah ini kepada majalah detik. Akibat somasi itu
pula masalah sang habib makin membesar dan terbuka lebih lebar ke para
jamaah NM. Hingga akhirnya, pada 16 Desember 2011, korban dan keluarga
yang diwakili Abdullah pun melapor ke Polda Metro Jaya. Kabid Humas
Polda Metro AKBP Rikwanto membenarkan laporan bernomor
TBL/4432/XII/2011/PMJ/Dir Reskrimum tentang pencabulan terhadap anak
dengan terlapor Hasan bin Jafar.
Lalu, pada 23 Desember 2011, korban
mengadu ke Ketua FPI Habib Rizieq Shihab. Tapi rupanya para korban
kalah gesit dibanding Hasan. Sang habib telah mendatangi Rizieq lebih
dahulu. Di depan Rizieq, ia bersumpah tidak melakukan perbuatan cabul.
“Yang bersangkutan bilang demi Allah katanya tidak melakukan perbuatan
itu,” kata Salim. Rizieq sempat berinisiatif memediasi, tetapi hingga
kini tidak pernah terwujud. Kasus itu terus bergulir. Sang habib lantas
diadukan ke Majelis Ulama Indonesia (MUI). Pada 30 Januari 2012, kepada
MUI, para ibu korban menyerahkan kronologi perbuatan Hasan berikut
doktrin sesat yang diajarkan di NM.
Tidak sampai di situ. Para korban juga
terus berupaya membongkar tabiat Hasan. Selama dua hari berturut-turut,
korban dan orang tuanya mendatangi Komisi Perlindungan Anak Indonesia
(KPAI). Salah seorang korban, RZ, mengatakan, ia dulu memilih diam
karena takut dituduh kafir dan mengkhianati Alquran. “Sekarang menjadi
kewajiban saya untuk membuka semuanya, karena melihat banyaknya korban,
termasuk adik saya,” ujar RZ, yang juga sudah meminta perlindungan ke
LPSK ini. KPAI mendesak polisi segera memeriksa Hasan. Komisi minta
polisi memakai Undang-undang Perlindungan Anak No. 23/2002 untuk
menjerat Hasan. KPAI tidak menoleransi setiap tindakan kekerasan
terhadap anak.
“Kami minta Polda untuk melakukan
pemanggilan kepada pihak terlapor,” ujar Komisioner KPAI Badriyah
Fayumi. Rabithah juga bersikap sama dengan KPAI. Polisi diminta segera
memeriksa Hasan. Bila terbukti berbuat cabul, Hasan harus dibawa ke
pengadilan. Sebab, tidak dapat dibenarkan seorang guru melakukan
tindakan tercela kepada murid-muridnya.
“Tapi bila tidak terbukti, namanya harus direhabilitasi,” kata Ketua Rabithah Alawiyah Habib Zain bin Smith kepada majalah detik. Hasan sendiri belum bersedia ditemui wartawan. Ia pun tidak memenuhi panggilan untuk diperiksa KPAI Jumat 17 Februari 2012. Majalah detik beberapa kali bertamu ke markas NM, tapi Hasan selalu tidak berhasil dijumpai. Surat permintaan wawancara yang dikirim ke Gang Manggis juga belum mendapat jawaban.
“Tapi bila tidak terbukti, namanya harus direhabilitasi,” kata Ketua Rabithah Alawiyah Habib Zain bin Smith kepada majalah detik. Hasan sendiri belum bersedia ditemui wartawan. Ia pun tidak memenuhi panggilan untuk diperiksa KPAI Jumat 17 Februari 2012. Majalah detik beberapa kali bertamu ke markas NM, tapi Hasan selalu tidak berhasil dijumpai. Surat permintaan wawancara yang dikirim ke Gang Manggis juga belum mendapat jawaban.
Namun, pengacara Hasan, Sandy Arifin
yang sebelumnya selalu mengelak diwawancarai, akhirnya membantah
tudingan pencabulan yang dilakukan Hasan. “Tidak ada, itu tidak benar.
Habib tidak pernah melakukan perbuatan seperti itu,” bantahnya.
Pengacara: Habib Ikuti Proses Hukum
Lama enggan dikonfirmasi dengan alasan
harus berkonsultasi dengan Al Habib Hasan bin Ja’far Assegaf, Sandy
Arifin akhirnya berbicara. Pengacara Hasan itu menyangkal kliennya
berbuat cabul kepada para santri Majelis Taklim Salawat dan Zikir Nurul
Musthofa (NM) seperti yang dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Hasan
sendiri, kata Sandy, tak begitu terpengaruh oleh tuduhan pencabulan
itu. Hasan tetap sibuk berdakwah. Namun, menurut Sandy, Hasan akan
mengikuti proses hukum di kepolisian.
Berikut wawancana reporter majalah detik, Isfari Hikmat dengan Sandy Arifin melalui telepon, Kamis 16 Februari 2012:
Apakah benar Habib Hasan melakukan pencabulan terhadap santrinya?
Tidak ada, itu tidak benar. Habib tidak pernah melakukan perbuatan yang seperti itu.
Anda berniat melaporkan untuk pencemaran nama baik?
Tidak perlu. Tinggal mengikuti proses hukumnya saja. Kan sudah pernah dilaporkan ke Polda.
Habib dapat dijerat dengan pasal perlindungan anak atas perlakuan seksual terhadap anak di bawah umur. Bagaimana tanggapan Anda?
Kita serahkan semuanya kepada proses hukum yang berlaku.
Kasus ini tidak menghentikan kegiatannya berdakwah?
Habib (saat ini) masih terus sibuk berdakwah. Saya juga belum ketemu Habib.
Banyak korban yang melaporkan perbuatan Habib. Apakah ada maksud tertentu Habib dilaporkan atas kasus pelecehan seksual?
Saya tidak bisa memberikan penjelasan lebih banyak, karena belum banyak berkomunikasi dengan Habib.
Apakah benar Habib Hasan melakukan pencabulan terhadap santrinya?
Tidak ada, itu tidak benar. Habib tidak pernah melakukan perbuatan yang seperti itu.
Anda berniat melaporkan untuk pencemaran nama baik?
Tidak perlu. Tinggal mengikuti proses hukumnya saja. Kan sudah pernah dilaporkan ke Polda.
Habib dapat dijerat dengan pasal perlindungan anak atas perlakuan seksual terhadap anak di bawah umur. Bagaimana tanggapan Anda?
Kita serahkan semuanya kepada proses hukum yang berlaku.
Kasus ini tidak menghentikan kegiatannya berdakwah?
Habib (saat ini) masih terus sibuk berdakwah. Saya juga belum ketemu Habib.
Banyak korban yang melaporkan perbuatan Habib. Apakah ada maksud tertentu Habib dilaporkan atas kasus pelecehan seksual?
Saya tidak bisa memberikan penjelasan lebih banyak, karena belum banyak berkomunikasi dengan Habib.
Hati ente kotor benar. Banyak setannya, nih. Mau dibersihin nggak hatinya?”
RZ tidak akan pernah lupa dengan
kalimat itu meski 10 tahun sudah berlalu. Kalimat itu merupakan rayuan
Al Habib Hasan Bin Jafar Assegaf sebelum melakukan pencabulan. RZ, yang
kini berusia 28 tahun itu adalah salah satu korban Hasan.
“Pertama-tama Habib mencoba membaca pikiran saya. Ia membuka kejelekan saya, sehingga saya merasa berdosa dan menangis,” kata RZ saat ditemui majalah detik. Setelah itu, Hasan menyuruh RZ untuk memijat kaki sang guru. Puas dipijat, gantian Hasan yang beraksi. Ia meraba-raba dada RZ sambil terus membisikkan rayuan ke telinga santrinya itu. Aksi bejat Hasan terhadap RZ pertama kali dilakukan sekitar akhir 2002 di rumah Haji Atung di Kampung Kandang, Jagakarsa, Jakarta Selatan.
“Pertama-tama Habib mencoba membaca pikiran saya. Ia membuka kejelekan saya, sehingga saya merasa berdosa dan menangis,” kata RZ saat ditemui majalah detik. Setelah itu, Hasan menyuruh RZ untuk memijat kaki sang guru. Puas dipijat, gantian Hasan yang beraksi. Ia meraba-raba dada RZ sambil terus membisikkan rayuan ke telinga santrinya itu. Aksi bejat Hasan terhadap RZ pertama kali dilakukan sekitar akhir 2002 di rumah Haji Atung di Kampung Kandang, Jagakarsa, Jakarta Selatan.
Awal-awal berdakwah di ibu kota, habib
kelahiran Kramat Empang Bogor itu memang masih menumpang di sejumlah
tempat. Sepuluh tahun lalu, RZ boleh dibilang masih murid baru di
Majelis Taklim Salawat dan Zikir Nurul Musthofa (NM). Ia menuturkan,
setiap habis pengajian rutin Rabu malam, Hasan selalu memanggilnya
masuk ke kamar. Perbuatan itu dilakukan berulang-ulang oleh Hasan.
Seiring berjalannya waktu, perlakuan
Hasan terhadap RZ semakin jauh. RZ bercerita, ia diminta mencium bibir
Hasan serta menelan air liurnya. “Dia bilang, ‘ayo luapin nafsu ente.
Anggap aja ane pacar atau istri ente,” bujuk Hasan.
Puncaknya sekitar tahun 2006, Hasan
meminta RZ membuka kain sarung yang melingkar di pinggangnya. RZ
seketika menolak. Sejak itu, ia tak pernah dipanggil lagi ke kamar.
Tahun 2007, RZ memutuskan keluar dari NM. Menurut RZ, banyak
rekan-rekannya di NM saat itu yang sudah menjadi korban pencabulan.
Namun, semua mengunci mulut. Di samping itu, para korban takut terkena
tulah dari seorang yang mengaku wali apabila berani bicara.
“Di Nurul Musthofa itu, perintah guru
adalah amar atau wajib ditaati,” kata bekas salah satu kru NM
itu. Orang yang melawan kemauan sang guru akan dianggap mengkhianati
Alquran dan dicap sebagai bukan muslim lagi. Pernah, pada 2002 seorang
santri membongkar pencabulan itu. Masalah itu selesai secara
musyawarah, tapi santri malang itu tetap saja dianggap golongan lain.
Pada 2004, Hasan pernah berjanji akan
menyetop kebiasaan menyimpang itu setelah menikah. Namun, kenyataannya
perbuatan itu kian langgeng dilakukan. “Justru sekarang korbannya makin
banyak. Termasuk adik saya sendiri,” kata RZ, yang ditemui usai melapor
ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) pekan lalu itu.
Sampai saat ini, para korban pencabulan
di NM yang telah mengadu ke Polda Metro Jaya dan KPAI ada 11 orang.
Selain kru NM, korban berasal dari keluarga yang sempat dekat dengan
Hasan, yaitu mereka yang ikut mendirikan dan membesarkan Yayasan
NM. Perbuatan Hasan makin menjadi ketika ia telah mempunyai rumah
sendiri di Jl. RM Kahfi, Gang Manggis, Jagakarsa. Rumah yang juga
difungsikan sebagai pusat kegiatan NM itu dikenal dengan sebutan Istana
Seggaf.
Di dalam ‘istana’ nan megah itu,
terdapat basement tempat menginap para kru NM. Sementara kamar sang
habib berada di lantai 1 dan 2. Menurut cerita yang berkembang dari
sejumlah korban, perbuatan cabul itu kadang dilakukan di kamar
lantai 1 maupun 2.
lantai 1 maupun 2.
Bila dahulu Hasan memanggil santrinya
sehabis pengajian, maka permintaan itu kini dikirim melalui SMS,
BlackBerry Messenger (BBM), maupun via facebook. Majalah detik
memeroleh salinan pesan panggilan Hasan itu melalui dua akun
facebook-nya: “Mengemis Doa Kalian” dan “Assegaf Beda Cara”.
Melalui pesan facebook, Hasan meminta
santrinya masuk ke dalam kamar dengan kode-kode tertentu. Misalnya,
“Spg”, “coli”, dan “ke kamar jangan kelihatan orang satupun”. Kata-kata
yang mirip juga dituliskan oleh Hasan saat membujuk
santrinya menggunakan SMS seperti “emut” dan “kangen”.
santrinya menggunakan SMS seperti “emut” dan “kangen”.
Di kamar Istana Seggaf, praktik asusila
itu juga berkembang sedemikian parah. Menurut salah satu korban, ST,
suatu kali ia pernah diundang masuk ke kamar habib. Di kamar itu,
selain diraba dadanya dengan alasan untuk mengusir setan jahat, ia juga
dioral. ‘Ayo, keluarin nafsunya,’ ucap ST menirukan Hasan. Skandal seks
itu disebut-sebut tak hanya dilakukan sang guru dengan seorang
santrinya, melainkan lebih dari dua laki-laki. Hasan juga sering
menyuruh sesama santrinya untuk melakukan adegan persetubuhan. Adegan
itu dimintanya difoto dan dikirim kepadanya melalui handphone.
Pelecehan seksual itu juga terjadi
tanpa memandang waktu dan tempat lagi. ST menambahkan, ia pernah
dihubungi Hasan pada bulan puasa 2010. Selepas salat tarawih, panggilan
ke kamar habib pun datang. Setelah melakukan oral seks,
ia diberi uang Rp 100 ribu dan disuruh makan sahur bersama teman-temannya. Seorang ibu menuturkan, Hasan mencabuli anaknya, H, ketika berada di Mekkah, Arab Saudi. Ceritanya, pada 2009 itu, ia diajak umroh oleh Hasan dan istrinya ke tanah suci. Seusai salat Isya di Masjidil Haram, Hasan dan H menghilang entah ke mana.
“Eh, tahu-tahu sudah di kamar hotel saja. Anak saya duduk di pangkuannya dengan atasan terbuka,” terang ibu tersebut kepada majalah detik.
ia diberi uang Rp 100 ribu dan disuruh makan sahur bersama teman-temannya. Seorang ibu menuturkan, Hasan mencabuli anaknya, H, ketika berada di Mekkah, Arab Saudi. Ceritanya, pada 2009 itu, ia diajak umroh oleh Hasan dan istrinya ke tanah suci. Seusai salat Isya di Masjidil Haram, Hasan dan H menghilang entah ke mana.
“Eh, tahu-tahu sudah di kamar hotel saja. Anak saya duduk di pangkuannya dengan atasan terbuka,” terang ibu tersebut kepada majalah detik.
Sama dengan RZ, rata-rata korban habib
yang berusia belasan tahun itu cuma bisa memendam masalahnya dalam
hati. Lagi pula, mereka tak berani melawan kemauan Hasan. Selain karena
ulama besar, sang guru selalu menyatakan tindakannya itu berdasarkan
sifat kewalian yang dipunyainya. Selain pihak-pihak yang membongkar
tabiat Hasan, banyak pula para jamaah NM yang tetap memercayai kesucian
sang habib. Tak ayal, ‘perang’ di jagad maya pun terjadi antara mereka
yang berpihak kepada korban dan kepada Hasan.
Sementara di dunia nyata, dukungan
terhadap Hasan juga tetap besar. Acara pengajian Nurul Musthofa di
Kalibata, Jakarta Selatan, Sabtu 12 Februari 2012 malam lalu dihadiri
oleh ribuan jamaah. Hasan juga tampil percaya diri di tengah-tengah
jamaah pengajian.
Dalam pengajian itu, ia juga membawa
serta istri, dan seorang anaknya yang masih kecil, Ali, seolah ingin
menegaskan tidak ada yang salah dengan dirinya. Di panggung bahkan ia
bercerita soal kehamilan sang istri yang akan melahirkan anak keempat.
“I love you mom, I love you full,” kata Hasan yang disambut tawa jamaah.
Sementara sang anak diminta tampil di
panggung untuk membacakan doa pada orang tua. “Anak gua aja ini bisa,
noh duduk,” kata Hasan setelah Ali selesai membaca doa. Orang di
lingkaran dekat Hasan, Abdurrahman, menyatakan apa yang dibeberkan para
korban itu adalah fitnah. Fitnah itu dikhawatirkannya akan memecah
belah kesatuan umat Islam. “Anda memang nggak mau menyelamatkan umat
yang sedang dipecah belah gini?” tanyanya kepada majalah detik.
Pengacara Hasan, Sandy Arifin juga memberikan bantahan soal dugaan pencabulan si habib. “Tidak ada, itu tidak benar. Habib tidak pernah melakukan perbuatan seperti itu,” bantah Sandy.
Pengacara Hasan, Sandy Arifin juga memberikan bantahan soal dugaan pencabulan si habib. “Tidak ada, itu tidak benar. Habib tidak pernah melakukan perbuatan seperti itu,” bantah Sandy.
Besar karena Assegaf Beda Cara
Al Hasan Bin Jafar
Assegaf Adalah fenomena. Majelis Taklim salawat dan Zikir nurul
musthofa yang didirikannya punya puluhan ribu pengikut. Namun,
Berhembus cerita miring di Balik kesuksesan nm itu.
Jl. Raya Kalibata akhir pekan lalu
mendadak ramai. Ribuan warga yang kebanyakan anak muda,
berbondong-bondong datang ke sebuah masjid Habib Ahmad, yang terletak
di belakang mal Kalibata itu. Parkir sepeda motor tampak membludak.
Deretan umbul-umbul bertuliskan Majelis Taklim Salawat dan Zikir Nurul
Mustofa (NM) pun berjejer sepanjang 1 Km dari lokasi pengajian. Di
lokasi pengajian juga berjajar pasar kaget yang menjual aneka aksesori
busana muslim maupun buku-buku tentang agama. Malam semakin larut.
Ketika jarum jam menunjukkan pukul 22.30 WIB, habib yang dielu-elukan
pun akhirnya datang. Turun dari mobil Toyota New Camry bernopol B 1 NM,
Al Habib Hasan Bin
Jafar Assegaf langsung berjalan menuju panggung yang terletak di depan Makam Habib Ahmad. Duarr, duarr! Kembang api menyalak mengiringi langkah sang habib. Salawat pun bergemuruh menyambut Habib Hasan.
Jafar Assegaf langsung berjalan menuju panggung yang terletak di depan Makam Habib Ahmad. Duarr, duarr! Kembang api menyalak mengiringi langkah sang habib. Salawat pun bergemuruh menyambut Habib Hasan.
Malam itu jubah merah dipadu sorban
putih tampak membalut tubuh Habib Hasan. Tak tertinggal kacamata dan
sebilah tongkat yang selalu dibawa setiap mengisi pengajian. Tema
ceramah yang dibawakannya adalah tafsir surat al-Asr, surat pendek yang
berbicara tentang waktu.
Setelah menafsirkan surat al-Asr dengan
singkat, habib lantas bercerita tentang perjalanan kehabibannya beserta
keluarganya. Tak sekali pun Habib Hasan menyinggung tudingan pelecehan
seksual yang dialamatkan kepadanya oleh bekas santrinya di NM.
Usai pengajian, Habib Hasan tak
buru-buru turun dari panggung. Ia harus menunggu jamaahnya yang
‘tumplek-blek’ di sepanjang jalan membubarkan diri. Sebagian sengaja
menunggunya di belakang panggung untuk mencium tangan sang
habib. Namun, untuk mencium tangan habib bukan perkara mudah, sebab
begitu habib turun, puluhan pengawal yang mengenakan kemeja putih, jas
hitam, dan dasi berwarna ungu langsung membuat pagar hidup untuk
memudahkan sang habib berjalan menuju kendaraannya.
Pulang ke kediamannya di kawasan
Jagakarsa, sang habib kembali mendapat pengawalan ekstra ketat dari
pengikutnya. Mereka mengawal Habib Hasan dengan menumpang dua unit
mobil Fortuner serta sebuah Mercedes Benz bernopol B 3 NM. Bagi
sebagian warga Jakarta, Habib Hasan adalah fenomena. Mereka begitu
gandrung dengan sosok sang habib, yang disebut-sebut punya garis keturunan langsung ke Rasulullah SAW. Apalagi usia sang habib itu masih muda dan berwajah tampan.
Habib Hasan lahir di Kramat Empang,
Bogor Selatan, Kota Bogor, 1 Januari 1977. Ia merupakan putra Habib
Jafar bin Umar Assegaf. Habib Hasan merupakan anak sulung yang memiliki
tiga adik, yaitu Yakut Mustofa, Abdullah, dan Khosim.
Bila dilihat dari silsilah keturunan, Habib Hasan merupakan cicit dari Al Habib Abdulloh bin Muksin Alatas, seorang ulama besar di Bogor. Bahkan, hingga kini makam kakeknya sering diziarahi masyarakat. Makam ini dikenal sebagai Makam Kramat Empang karena letaknya tak jauh dari Pasar Empang dan Kebun Raya Bogor.
Bila dilihat dari silsilah keturunan, Habib Hasan merupakan cicit dari Al Habib Abdulloh bin Muksin Alatas, seorang ulama besar di Bogor. Bahkan, hingga kini makam kakeknya sering diziarahi masyarakat. Makam ini dikenal sebagai Makam Kramat Empang karena letaknya tak jauh dari Pasar Empang dan Kebun Raya Bogor.
Hasan kecil sudah rajin mengaji. Untuk
belajar huruf Arab dari Syaikh Usman Baraja, ia belajar bahasa Arab
dari Syaikh Abdul Odin Ba’salamah. Sementara belajar Ilmu Nahwu dan
Shorof kepada Syaikh Ahmad Bafadhol. Itu dilakukannya sejak duduk di SD
hingga SMA. Selepas itu, Hasan kuliah di IAIN Sunan Ampel,
Malang. Selama di Kramat Empang, Hasan pernah memimpin Majelis Taklim
Al Irfan pada 1998. Hasan pertama ke Jakarta dibawa oleh Usman Aray
pada awal 2000. Saat itu, Usman berpromosi sang habib bisa menyedot
warga Jakarta dalam setiap pengajian. Sebab, banyak warga Jakarta yang
gandrung dengan kharisma para habib. “Tapi sekarang disebut bukan saya
yang bawa. Saya sih bersyukur saja karena jadi tak tersangkut dengan
kasus Habib,” kata Usman kepada majalah detik.
Karena belum punya tempat tinggal,
Hasan yang dulunya berperawakan kurus itu ‘numpang’ di Masjib
Baiturrahman. Lalu, ia ditampung di rumah beberapa tokoh seperti di
kediaman Haji Atung, Haji Makmum, Haji Nurul, yang terletak di wilayah
Jakarta Selatan. Kegiatan dakwah Habib Hasan awalnya dilakukan secara
keliling dari kampung ke kampung. Santrinya masih sangat sedikit.
Lantas, didirikanlah Yayasan NM oleh Habib bersama orang-orang yang
pernah ditumpanginya untuk hidup. Hasan kemudian punya rumah sendiri
yang disebut sebagai Istana Seggaf. Rumah di Jl. RM Kahfi I, Gang
Manggis, Jagakarsa, itu menjadi pusat kegiatan NM hingga saat ini.
Habib Hasan lalu menikahi Syarifah Muznah binti Ahmad Al Haddad (Al
Hawi) pada 2004 dan dikaruniai tiga anak. Kini Syarifah sedang
mengandung anak keempat.
NM mulai berkembang pesat pada 2006.
Tak bisa dipungkiri, sukses NM itu sebagian berkat adanya Majelis
Rasulullah (MR) yang telah hadir terlebih dahulu di Jakarta. Seorang
bekas kru NM mengatakan, saat itu MR memang menjadi rujukan NM dalam
menggelar pengajian-pengajian. Bahkan, beberapa ornamen seperti hadrah,
umbul-umbul, dan dokumentasi dipinjam NM dari MR.
NM lantas membentuk tim tersendiri
untuk memoles citra majelis. Usaha itu membuahkan hasil. NM makin
semarak, jamaah NM pun berkembang pesat. Boleh dikata, NM telah
menguasai seluruh Jakarta dan menjadi majelis taklim terbesar kedua
setelah MR.
Saat ini, jumlah jamaah NM diklaim
sebanyak 50 ribu orang. Tak mau kalah dengan MR, sejumlah pejabat mulai
dari Fauzi Bowo hingga Presiden SBY pernah menghadiri pengajian NM.
Namun, di balik kesuksesan NM itu, berhembus cerita-cerita tak sedap. Para kru NM dibaiat untuk selalu setia dan mencurahkan seluruh hidupnya kepada Habib Hasan. Mereka didoktrin akan menjadi pasukan terdepan NM melawan orang-orang kafir dan dajal.
Namun, di balik kesuksesan NM itu, berhembus cerita-cerita tak sedap. Para kru NM dibaiat untuk selalu setia dan mencurahkan seluruh hidupnya kepada Habib Hasan. Mereka didoktrin akan menjadi pasukan terdepan NM melawan orang-orang kafir dan dajal.
“Doktrin-doktrin seperti itulah yang
bikin kita semangat karena seolah membela panji-panji Islam dan nabi.
Makanya ini yang disebut Assegaf Beda Cara,” kata seorang bekas kru NM.
Assegaf Beda Cara itu menjadi salah satu akun facebook NM.
Karena harus 24 jam ikut Habib Hasan,
tak sedikit kru NM yang mayoritas masih muda-muda itu putus sekolah.
Bekas kru NM itu, sebut saja RZ, sempat mencecap bangku kuliah di
sebuah universitas di Jakarta. Namun, karena waktunya habis untuk NM,
kuliahnya terbengkalai.
“Habib bilang ngapain kamu sekolah?
Mending ikutan habib akan dapat berkah,” ujarnya. Tak cukup sampai di
situ. Para kru NM juga dituntut loyalitasnya kepada majelis secara
materi. Tak jarang para kru mesti ‘nombok’ untuk menutupi biaya
pengajian maupun akomodasi Habib Hasan setiap hari. “Untuk pengawalan
dua kan harus bayar total Rp 2,9 juta. Yang Rp 900 ribu saya yang
nombokin dengan menjual HP,” katanya. NM juga mendapat penghasilan yang
besar dari setiap pengajian. Dari pihak pengundang saja, NM mematok
biaya Rp 15-20 juta per pengajian. Belum lagi dari biaya parkir ribuan
kendaraan baik roda dua maupun empat yang dibawa oleh setiap jamaah ke
tempat pengajian. Kabarnya, setiap jamaah NM juga diminta memberikan
infak sebesar Rp 20 ribu per orang.
Saking terpesonanya dengan NM dan Habib
Hasan, sebagian jamaah bahkan merelakan harta bendanya untuk NM. Ada
cerita, beberapa jamaah menjual tanah, rumah, dan mobilnya untuk
disumbangkan kepada NM. Akibat terlalu loyal salah seorang kepada Habib
NM, sampai-sampai seorang jamaah itu dicerai oleh istrinya.
Namun, seluruh kabar negatif itu
dibantah oleh salah seorang kru Habib Hasan. “Soal infak wajib itu
nggak ada. Kalau sampai ada yang jual rumah atau tanah untuk yayasan
itu juga nggak benar. Nggak ada itu,” katanya kepada majalah detik.
(WAN/DEN/YOG)
Melongok Istana Sang Habib
Reporter: Isfari Hikmat, M. Rizal, Deden Gunawan, Bahtiar Rifai
Setelah dilaporkan ke polisi atas tudingan pencabulan, Habib Hasan bin Jafar Assegaf lebih banyak mengurung diri di istana Seggaf, markas Nurul Mustofa. Seperti apa istana ini?
Reporter: Isfari Hikmat, M. Rizal, Deden Gunawan, Bahtiar Rifai
Setelah dilaporkan ke polisi atas tudingan pencabulan, Habib Hasan bin Jafar Assegaf lebih banyak mengurung diri di istana Seggaf, markas Nurul Mustofa. Seperti apa istana ini?
Istana Seggaf. Ini adalah nama sebutan
untuk markas Habib Hasan bin Jafar Assegaf, yang terletak di Jalan
Manggis, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Istana itu merupakan tempat
tinggal sekaligus kantor Yayasan Nurul Mustofa (NM) tempat sang habib
menggelar pengajian rutin setiap hari. Istana sang habib terletak di
Jalan RM Kahfi I, Gang Manggis, RT 001/RW 01 No. 9A, Ciganjur,
Jagakarsa, Jakarta Selatan. Untuk mencari markas sang habib sangat
mudah, sebab di mulut jalan papan nama berukuran 3×4 meter bertuliskan
Majelis Nurul Musthofa dapat jelas terlihat.
Di depan gang menuju markas sang habib
terdapat kios yang menjual buku, kalender, poster Habib Hasan, buku
agama Islam, souvenir seperti tasbih, minyak wangi, pakaian muslim
hingga pulsa seluler. Semua kios itu dikelola murid-muridnya. Tepat di
belakang kios terdapat pagar besi bercat hijau. Di balik gerbang
terdapat rumah petak sebanyak 3 pintu. Rumah ini juga dihuni sejumlah
muridnya yang bertugas sebagai penerima tamu.
Lebih ke dalam, terdapat bangunan rumah
yang cukup besar bercat hijau. Di rumah itulah Habib Hasan tinggal
bersama istri dan tiga orang anaknya. Selain itu, di kawasan itu
terdapat aula tempat sang habib menggelar pengajian rutin setiap malam,
di luar akhir pekan.
Belakangan, pascalaporan tudingan
pencabulan pada mantan jamaahnya, sang habib dikabarkan lebih banyak
mengurung diri di dalam “istananya”. Ia tidak mau menerima kunjungan
tamu lagi. Begitu juga dengan wartawan yang berupaya minta klarifikasi
terkait laporan beberapa jamaahnya ke Polda Metro Jaya, 16 Desember
2011.
Majalah detik dan wartawan ANtv sempat
mendatangi istana sang habib pekan lalu. Namun penjaga rumahnya menolak
memperkenankan masuk dengan alasan harus membawa surat tugas dari
kantor media masing-masing. Padahal wartawan yang datang sudah
dilengkapi ID Card sebagai tanda penugasan liputan. Bahkan seorang
jamaahnya langsung memotret wartawan yang datang. Beberapa hari
kemudian majalah detik mencoba mendatangi lagi markas sang habib. Kali
ini dibekali surat tugas berikut daftar pertanyaan untuk sang habib.
Namun lagi-lagi petugas jaga di Istana Seggaf tidak juga memperkenankan
majalah detik untuk wawancara.
Bukan hanya di Istana Seggaf, Hasan
sulit ditemui. Majalah detik juga beberapa kali mendatangi tablig akbar
yang telah dijadwalkan akan dihadiri sang habib. Namun setelah dinanti,
sang habib tak kunjung menunjukan batang hidungnya. Majalah detik juga
sempat menyambangi rumah orang tua sang habib di Jalan Lolongok,
Empang, Kota Bogor. Di sana merupakan rumah orang tua sang habib. Namun
saat didatangi rumah orangtuanya, Syarifah Fatimah, selalu sepi. Bahkan
warga setempat mengatakan kalau Habib Hasan sudah tidak pernah lagi
datang ke rumah tempat sang habib dilahirkan dan dibesarkan itu.
Menurut beberapa jamaah yang ditemui di
rumah sang Habib, untuk menemui Habib Hasan bukanlah perkara mudah.
Para santri mengaku tidak terlalu sering bertemu Habib, meski di lokasi
yang sama. Kesibukannya berkeliling daerah untuk berdakwah membuat para
santri mafhum sulit menemuinya. “Kalau ada pengajian khusus, biasanya
ada (Habib),”
ujar salah seorang santri yang enggan di sebut namanya.
ujar salah seorang santri yang enggan di sebut namanya.
“Hadiri saja majelisnya,” ujarnya.
Namun pria yang sudah menyantri di NM 5 tahun lebih ini pun tidak
menjamin dapat menemui habib. Seringkali mereka sendiri mengaku hanya
melihat dari layar proyektor. Mereka juga menolak untuk sekadar
menjelaskan kegiatan di yayasan. Sesuai dengan perintah Habib, semua
penjelasan hanya dapat disampaikan oleh Habib sendiri. “Cuma Habib yang
dapat memberikan penjelasan, atau lihat saja di web kami,” terangnya.
Upaya untuk menemui Habib di Istana Seggaf sebutan untuk pesantren
binaannya, juga bukan perkara mudah.
Sejumlah murid seperti dikomando untuk
bungkam. Padahal pihak Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) sudah
menjadwalkan untuk memanggil Habib guna mendengarkan penjelasan Habib
pada Rabu, 15 Februari 2012, dan Kamis, 16 Februari 2012. Namun Habib
Hasan tidak datang. Yang hadir hanya utusan khusus sang habib, Gondho
Yu distiro. “Saya hanya utusan untuk menyampaikan kalau beliau tidak
bisa hadir,” kata Gondho setelah menemui KPAI.
“(Habib Hasan) Beliau sibuk berdakwah,”
kata Abdulrahman, salah seorang pengurus yayasan. Namun kegiatan di
Yayasan NM masih seperti biasa, pada Rabu, 15 Februari 2012, malam.
Sejumlah santri tetap melakukan kegiatan taklim
bersalawat selepas magrib. Jumlahnya tidak seramai saat ada kegiatan acara besar. Setelah azan Isya, mereka melakukan persiapan untuk menggelar tablig akbar pengajian NM saban malam Minggu.
bersalawat selepas magrib. Jumlahnya tidak seramai saat ada kegiatan acara besar. Setelah azan Isya, mereka melakukan persiapan untuk menggelar tablig akbar pengajian NM saban malam Minggu.
Beberapa santri tampak sibuk mengangkut
perlengkapan, termasuk menerima baju koko dan aksesori lainnya yang
dijual di toko milik yayasan. Sementara tumpukan bambu untuk pemasangan
umbul-umbul juga dibawa ke atas mobil bak. “Malam minggu ini ada acara
di Utan Kayu,” terang salah seorang santri yang ditemui di lokasi
pekan lalu. Persiapan ren-
cananya untuk menyambut 25.000 jamaah se-Jabodetabek.
cananya untuk menyambut 25.000 jamaah se-Jabodetabek.
Kegiatan itu sudah dipastikan menutup
jalan, mengingat pusat kegiatan hanya di masjid. Layar monitor dan
sound system termasuk genset sudah dikerahkan. Meski diterpa masalah,
para santri mengaku jumlah santri setiap kegiatan tablig tidak
berkurang. “Bahkan jumlahnya terus bertambah,” ujar pria asal Sumatera
Utara itu. Koordinator lapangan NM, Abdulrahman, menjelaskan Habib
tidak susah ditemui. Hanya saja setiap usai ber dakwah ia selalu
kecapaian dan langsung pulang. Abdulrahman menjelaskan dalam sehari,
Habib memiliki kegiatan dakwah cukup banyak. Paling sering dilakukan
pada sore hingga malam, bahkan pernah juga sampai pagi dini hari.
Mengenai permasalahan yang me nimpa
Habib, dia menjelaskan itu semua hanya hasutan dan fitnah. “Umat sedang
di pecah belah, kasihan umat jadi kocar-kacir,” lanjutnya. (DEN/YOG)
Siap MurtadSilahkan anda berkomentar Akhi dan Ukhti sekalian , artikel adalah murni kutipan (bukan pernyataan saya).
Semoga Allah SWT memberikan petunjuk bagi mereka.
No comments:
Post a Comment