Biografi Daniel Defoe

Daniel Defoe (terlahir Daniel Foe; London, 1659/1661 – 24 April? 1731) adalah penulis dan jurnalis Inggris. Ayahnya dianggap masyarakat sebagai orang ingkar agama karena dia tidak mau menjadi pengikut Gereja Inggris yang merupakan agama negara di Inggris.
Daniel Defoe pada masa mudanya menjadi pedagang, suatu pekerjaan yang biasa dilakukan oleh orang-orang yang dianggap “ingkar agama” pada masyarakat dimasa itu. Setelah menikah, ia terlibat dalam usaha pemberontakan terhadap raja James II, dan akibatnya usaha perdagangannya bangkrut. Pada tahun 1698 ia menerbitkan karangannya yang pertama, suatu esei, lalu ia menjadi terkenal sebagai pengarang mengenai pokok-pokok pemerintahan.
Sebagai ahli politik yang liberal, penulisan-penulisannya yang bersifat menyindir itu berkenan di hati Raja William III. Pada tahun 1702, Ratu Anne seorang konservatif dan anggota Gereja Inggris, naik tahta. Dengan demikian Defoe tidak lagi disenangi bahkan akibatnya dimasukkan dalam penjara.
Pada usia 60 tahun, Defoe mulai menulis fiksi. Robinson Crusoe adalah buku karyanya yang pertama yang mengisahkan suatu petualangan pada tahun 1719, diilhami dari pengalaman Alexander Selkirk. Melalui buku itu Defoe menciptakan suatu genre baru dalam sastra, robinsonade. Kemudian diikuti oleh Captain Singleton (1720), Moll Elanders (1722), dan lain-lain.
Menjelang akhir hidupnya, Defoe kembali ke dunia perdagangan, tetapi tidak sukses. Akhirnya dia meninggal sebagai orang miskin, tanpa teman dan sanak saudara.
Sumber (http://id.wikipedia.org/wiki/Daniel_Defoe)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...